Tarif Biaya / Iuran BPJS Kesehatan Per Bulan Yang Baru

Info Cara-cara Terbaru 2017 kali ini berisi mengenai Tarif Biaya / Iuran BPJS Kesehatan Per Bulan Yang Baru. Selamat membaca dan terima kasih sudah mengunjungi situs Cara Cek caracekterbaru.com.

Biaya Iuran BPJS Kesehatan – Sejak awal bulan April yang lalu, tepatnya tanggal 1 April 2016. Pemerintah telah mengumumkan perubahan tarif/iuran baru Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). Pemerintah mengumumkan perubahan informasi ini melalui Perpres Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Perpres Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan. Dalam perubahan ini yang mengalami perubahan tarif iuran adalah peserta jaminan kesehatan perorangan.

Pada perubahan tarif biaya / iuran BPJS Kesehatan yang baru, pemerintah menetapkan bahwa hanya iuran peserta perorangan kelas 1 dan 2 yang mengalami kenaikan.  Sedangkan tarif peserta perorangan kelas 3 tidak mengalami perubahan/tetap. Untuk nilai kenaikan tarif baru yang ditetapkan oleh pemerintah bagi kelas 1 dan 2 juga tidak sama. Berikut perubahan tarif BPJS Kesehatan yang harus anda simak.

Tarif Awal Tarif Baru Nilai Kenaikan
Kelas 1 Rp 59.500 Rp 80.000 Rp 20.500
Kelas 2 RP 42.500 Rp 51.000 Rp 8.500
Kelas 3 Rp 25.500 Rp 30.000 Rp 4.500

Untuk pembayaran iuran jaminan kesehatan kepada BPJS, peserta jaminan kesehatan wajib membayar iuran selambat-lambatnya tanggal 10 setiap bulannya. Apabila tanggal 10 jatuh pada hari libur/hari besar nasional, maka pembayaran dilakukan pada hari kerja selanjutnya dan anda tidak akan mendapatkan denda.

Tarif Biaya Iuran BPJS Kesehatan Per Bulan

Iuran BPJS Kesehatan Per Bulan | newsfarras.com

Bagi anda yang mengalami keterlambatan dalam melunasi iuran pembayaran jaminan kesehatan, maka penjaminan kesehatan peserta anda akan diberhentikan sementara waktu sampai anda melunasi iuran jaminan kesehatan dan membayar denda keterlambatan. Sebelum adanya perubahan tarif biaya BPJS Kesehatan per bulan yang baru, denda keterlambatan membayar iuran adalah 2%, tetapi sejak 1 April 2016 berlaku aturan baru yakni denda keterlambatan berubah menjadi 2,5%. Ini artinya jika peserta jaminan kesehatan telat membayar pada bulan itu dendanya adalah 2,5% x jumlah iuran. Bagi anda peserta jaminan kesehatan, tunggakan maksimum yang diperbolehkan adalah selama 12 bulan dan denda paling tinggi sebesar Rp 30.000.000 (Tiga puluh juta rupiah). Nah, bagi anda peserta jaminan kesehatan yang saat ini masih mempunyai tunggakan pembayaran. Anda dapat datang langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat atau bisa dicek langsung via ATM Bank Mandiri, BRI, dan BNI. Dan jika anda ingin membayar tunggakan dan denda, anda bisa langsung membayarnya di Kantor BPJS atau melalui ATM Bank yang tersedia. Untuk keterlambatan pembayaran sebelum bulan April 2016, denda yang berlaku adalah 2%. Jadi masih menggunakan aturan yang lama bila keterlambatannya sebelum April 2016.

Untuk anda yang saat ini menjadi anggota jaminan kesehatan BPJS, perlu anda ketahui apabila saat ini anda terdaftar pada kelas 1 dan kelas 2, anda diperbolehkan untuk pindah ke kelas 3. Untuk mengurus perpindahan ini anda harus datang langsung ke kantor cabang BPJS terdekat dan memenuhi persyaratan menjadi anggota jaminan kesehatan BPJS minimal satu tahun. Kemudahan untuk melakukan perpindahan kelas ini dimaksudkan agar tidak memberatkan peserta JKN BPJS ketika melunasi biaya iuran BPJS Kesehatan. Semoga dengan adanya aturan dan kenaikan tarif yang baru, diharapkan BPJS Kesehatan mampu melakukan perbaikan pelayanan dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan mulai dari tingkat puskesmas, klinik pratama, hingga dokter praktek perorangan. Selain itu BPJS Kesehatan juga harus memperbaiki system layanan informasi yang ada mulai dari website resmi mereka dan layanan sms. Karena selama ini layanan sms yang ada tidak berfungsi.

Demikian informasi yang bisa kami berikan tentang iuran BPJS Kesehatan perbulan. Semoga dari ke hari BPJS dapat memberikan layanan yang terbaik dan dapat meningkatkan kualitasnya. Dan semoga juga anda yang menjadi anggota JKN BPJS Kesehatan sadar untuk memenuhi kewajiban sebagai anggota tiap bulannya.

Source:

iuran perbulan bpjs kesehatan