Prosedur dan Cara Berobat Menggunakan BPJS Kesehatan

Prosedur Cara Berobat BPJS Kesehatan – Menjadi peserta BPJS Kesehatan memang memberikan banyak sekali keuntungan untuk kita. Dengan terdaftar di program BPJS Kesehatan, anda akan mendapat perlindungan terkait kesehatan. Menariknya lagi, anda bisa memperoleh pengobatan secara gratis jika terdaftar sebagai peserta BPJS. Memang beberapa macam pengobatan masih memerlukan biaya tambahan. Hal ini tergantung pada kesesuaian jenis pengobatan atau perawatan yang kita dipilih ketika berobat dan kategori BPJS Kesehatan kita. Walapun demikian, mengingat biaya berobat yang semakin tinggi semakin setiap tahunnya, maka menjadi salah satu peserta BPJS Kesehatan akan memberikan keuntungan untuk Anda.

Prosedur Cara Berobat Menggunakan BPJS Kesehatan

Cara Berobat Menggunakan BPJS Kesehatan | sumutpos.co

Jika Anda sudah terdaftar sebagai salah satu peserta BPJS Kesehatan, paling tidak Anda sudah mengerti Cara Berobat BPJS Kesehatan. Untuk Anda yang belum mengerti, maka sebaiknya Anda perlu menyimak penjelasan di bawah ini. Untuk berobat dengan menggunakan kartu BPJS Kesehatan memang harus melewatu beberapa tahapan. Mengapa demikian? Sebab bila jika Anda ingin mendapatkan pengobatan dengan menggunakan kartu BPJS tanpa mengikuti prosedur yang sudah ditentukan, maka bisa jadi pihak rumah sakit menolak anda. Oleh sebab itu Anda harus melewati beberapa tahapan yang sudah ditetapkan. Agar biaya pengobatan ditanggung pihak PBJS sepenuhnya maka Anda harus memenuhi Prosedur Berobat BPJS Kesehatan berikut ini.

Mendatangi Puskesmas Setempat

Saat anda atau keluarga anda yang telah terdaftar pada BPJS Kesehatan sakit dan ingin memperoleh haknya, Anda tidak bisa langsung menuju ke rumah sakit. Tapi hal pertama yang mesti dilakukan ilah  berobat ke FASKES (Fasilitas Kesehatan) 1 dahulu. FASKES tersebut ialah klinik, Puskesmas atau Dokter Keluarga. Tapi bila yang sakit berada dalam keadaan darurat dan membutuhkan  penanganan yang cepat dan juga peralatan yang lengkap, maka anda bisa langsung  mendatangi Rumah Sakit yang sudah bekerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan. Pasien dikatakan berada darurat sendiri bila sakit yang diderita jika tidak cepat ditangani bisa menyebabkan kematian ataupun cacat.

Pemeriksaan di Puskesmas

Di klinik, Puskesmas atau dokter keluarga, para peserta BPJS Kesehatan yang sedang sakit akan diperiksa kemudian diobati. Di sinilah keputusan akan dibuat, apakah anda akan dirujuk ke rumah sakit atau tidak. Jika memang Puskesmas tidak bisa menanganinya, maka pasien pastinya diminta pergi ke Rumah Sakit yang bekerja sama dengan pihak BPJS Kesehatan. Ketika Anda pergi ke rumah sakit maka Anda juga harus membawa kartu ataupun surat rujukan dari FASKES 1. Sebab tanpa menggunakan kartu rujukan itu, klaim Anda pastinya akan ditolak dan pihak BPJS tidak akan menanggung seluruh biaya pengobatan. Oleh karena itu membawa surat rujukan adalah hal yang wajib hukumnya bila Anda ingin memperoleh pengobatan secara  gratis.

Ke Rumah Sakit Rujukan

Setelah Anda sudah mempersiapkan seluruh kelengkapan yang diharuskan, maka Anda dapat langsung berangkat ke rumah sakit yang sudah ditetapkan. Ingat jangan datang terlambat, sebab bila Anda datang terlambat kemungkian anda tidak akan dilayani pada hari itu dan Anda harus datang lagi keesokan harinya. Kelengkapan harus dipersipakan oleh pasien yang bukan tergolong pasien darurat ketika berobat ke rumah sakit ialah, Kartu BPJS Asli dan foto copynya, Foto copy KTP , Foto Copy KK (Kartu Keluarga) dan Foto Copy Surat Rujukan yang diberikan oleh FASKES 1. Itulah Prosedur Cara Berobat BPJS Kesehatan. Semoga bermafaat untuk anda.

Source:

cara berobat menggunakan bpjs ketenagakerjaan, cara pemakaian kartu bpjs 2017, prosedur menggunakan bpjs 2017