Manfaat BPJS Bagi Kesehatan Masyarakat

Info Cara-cara Terbaru 2017 kali ini berisi mengenai Manfaat BPJS Bagi Kesehatan Masyarakat. Selamat membaca dan terima kasih sudah mengunjungi situs Cara Cek caracekterbaru.com.

Manfaat BPJS – Peserta BPJS merupakan setiap orang yang sudah membayar iuran BPJS. Sebenarnya setiap orang, baik karyawan, pekerja, pengangguran, pengusaha, termasuk juga orang asing yang bekerja minimal enam bulan di Indonesia, dapat menjadi peserta BPJS, dengan syarat telah membayar iuran. Selain kita dapat membayar sendiri, iuran BPJS kesehatan ini dapat diberikan perusahaan kepada karyawannya beserta keluarga ataupun individual yang mengambil untuk dirinya sendiri dan keluarganya. Sedangkan untuk masyarakat yang kurang mampu, pemerintah telah menetapkan dan menjamin PBI, yaitu untuk peserta BPJS Kesehatan fakir miskin serta orang tidak mampu yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah.

Dalam BPJS kesehatan, anggota ataupun peserta terbagi atas 2 kelompok, yaitu peserta baru dan pengalihan program terdahulu, seperti Jaminan Kesehatan Masyarakat, Asuransi Kesehatan, Tentara Nasional Indonesia, Polri, serta Jaminan Sosial Tenaga Kerja.

Manfaat BPJS Bagi Kesehatan Masyarakat

Manfaat BPJS | @syaharuddinrasyid – slideshare.net

Didasarkan pada pembayaran iuran, peserta BPJS Kesehatan juga terdiri atas dua kelompok. Kelompok tersebut adalah peserta PBI (penerima bantuan iuran) dan juga peserta bukan PBI. Peserta PBI merupakan orang yang tergolong atas masyarakat tidak mampu dan fakir miskin. Kelompok ini preminya akan dibayar pemerintah. Sedangkan peserta BPJS yang bukan PBI, yaitu para pekerja penerima upah (anggota TNI/Polri, pegawai negeri sipil, pegawai pemerintah yang non-pegawai negeri, pejabat negara, dan pegawai swasta). Kedua, peserta yang bukan PBI merupakan pekerja yang bukan pekerja dan bukan penerima upah seperti investor, pensiunan, pemberi kerja, veteran, anak veteran dan janda veteran.

Jika dilihat,  fasilitas pelayanan kesehatan yang didapat dari peserta BPJS tidak lah sedikit. Pelayanan yang bisa didapatkan oleh peserta BPJS kesehatan yaitu penyuluhan kesehatan meliputi paling tidak penyuluhan tentang pengelolaan faktor risiko penyakit serta perilaku hidup bersih juga sehat, imunisasi dasar seperti Baccile Calmett Guerin (BCG), Hepatitis B (DPT-HB), Difteri pertusis tetanus, Polio, Campak, dan Keluarga Berencana (KB). Penyuluhan ini meliputi konseling, vasektomi, kontrasepsi dasar, serta tubektomi. Screening kesehatan diberi secara selektif yang bertujuan untuk mendeteksi risiko berbagai penyakit serta mencegah dampak lanjutan risiko penyakit tertentu, contohnya saja penyakit kanker, bedah jantung, sampai gagal ginjal. Tapi setiap peserta yang butuh pelayanan kesehatan terlebih dahulu harus memeriksakan diri pada fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Untuk pelayanan kesehatan yang tak dijamin oleh BPJS yaitu yang tidak sesuai dengan prosedur, pelayanan selain askes yang bekerjasama BPJS, pelayanan yang bertujuan untuk kosmetik, general check up, pengobatan impotensi, pengobatan agar mendapatkan keturunan, pelayanan kesehatan saat bencana, serta penyakit yang timbul karena kesengajaan untuk menyiksa diri.

Banyak yang belum mengerti sebenarnya apa manfaat menjadi peserta BPJS kesehatan. Manfaat BPJS Bagi Kesehatan Masyarakat ini antara lain:

  1. BPJS kesehatan dapat menjadi solusi kesehatan untuk masyarakat karena adanya berbagai manfaat serta Manfaat yang bisa didapat oleh para peserta BPJS kesehatan yaitu, pelayanan pencegahan serta pengobatan termasuk pelayanan bahan medis habis pakai dan obat yang sesuai dengan keperluan medis.
  2. Dengan program BPJS ini, tiap warga negara akan mendapat pelayanan kesehatan secara komprehensif dari mulai promotif, preventif, kuratif serta rehabilitative dengan biaya ringan sebab menggunakan sistem asuransi.
  3. Sebagai peserta program BPJS ini, saat berobat kita hanya mengikuti prosedur yang telah ditetapkan serta menunjukan kartu peserta untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang sesuai kebutuhan.
  4. Fasilitas kesehatan yang lebih tinggi baru boleh dipakai setelah ada rujukan dari faskes tingkat pertama, terkecuali kondisi darurat.

Demikianlah ulasan mengenai Manfaat BPJS Bagi Kesehatan Masyarakat. Semoga bermanfaat.