Cara Urus e-KTP Yang Hilang, Syarat dan Prosedur Mengurus

Cara Urus e-KTP Hilang – Kartu Tanda Penduduk atau yang biasa disebut dengan KTP merupakan barang yang sangat penting karena menjadi tanda resmi atas kependudukan seseorang. Apabila KTP dulu hanya memiliki bentuk seperti halnya kartu anggota biasa, kini semakin majunya perkembangan zaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) bertransformasi menjadi e-KTP (Elektronik Kartu Tanda Penduduk). Kartu ini memang memiliki kelebihan yaitu lebih modern jika dibandingkan dengan  Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebelumnya. Pada Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) ini sudah dilengkapi dengan data atau biografi si pemilik e-KTP secara lengkap dan detail bahkan hingga terdapat informasi pindai retina mata si pemiliki Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) tersebut.

Karena sangat pentingnya Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) ini, maka hampir dimanapun kita berada kita seakan wajib untuk membawanya dan tidak boleh menghilangkannya. Meski dari kita tidak ada yang ingin Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) hilang, namun tetap saja karena kelalaian atau faktor yang lainnya kita tidak sengaja menghilangkan kartu yang sangat penting ini. Nah, bagi anda yang sedang mengalami problematika semacam ini jangan bingung dan gusar. Karena dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana Cara Urus e-KTP Yang Hilang. Sebelum anda mengurus e-KTP yang hilang maka terdapat syarat- syarat untuk bisa mengurus e-KTP hilang yaitu:

Cara Urus e-KTP Yang Hilang

Cara Urus e-KTP Yang Hilang | detik.com

Syarat Pembuatan e-KTP Yang Hilang

Syarat- syarat yang harus terpenuhi untuk mengurus e-KTP yang hilang adalah:

  • Surat keterangan hilang dari polisi
  • Fotocopy KK (kartu keluarga)
  • Pas foto dengan ukuran 2 x 3 atau 3 x 4 sebagai syarat administrasi di kantor desa atau kelurahan
  • Pas foto dengan ukuran 4 x 6 dengan latar belakang berwarna merah apabila tahun kelahiran anda merupakan tahun kelahiran ganjil dan warna biru apabila tahun kelahiran anda adalah genap sebagai syarat administrasi di kantor kecamatan.

Cara Mengurrus e-KTP Hilang

Adapun cara atau langkah untuk mengurus Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) yang hilang adalah sebagai berikut:

  • Setelah mendapatkan surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian, maka mintalah surat pengantar dari RT atau RW setempat.
  • Apabila datang ke kantor Desa atau Kelurahan maka mintalah formulir permohonan KTP kepada petugas dengan lebih dahulu menyerahkan surat pengantar yang anda peroleh dari RT atau RW setempat.
  • Apabila telah terdaftar dalam register dan ditandatangani oleh kepala Desa atau Lurah, maka bawalah formulir tersebut dengan surat kehilangan dari kepolisian dan foto kopi kk ke kantor camat.
  • Setelah di Kecamatan, tumpuk berkas anda ke ranjang yang telah disediakan dan tunggulah beberapa saat ketika dipanggil.
  • Setelah anda mengumpulkan berkas, maka anda akan diberi tanda terimakasih dan didalamnya akan terdapat kapan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) dapat diambil.

Sangat mudah bukan untuk membuat Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) yang hilang. Selain mudah, perlu anda ketahui juga untuk biaya pembuatan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) yang hilang ini adalah Rp 0 alias gratis. Jadi, jangan kawatir dan enggan untuk mengurus sendiri Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) anda yang hilang. Demikianlah ulasan tentang Cara Urus e-KTP Yang Hilang. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Source:

e ktp hilang 2017, ktp hilang 2017, cara mengurus ktp hilang 2017, resi ktp hilang, mengurus ktp hilang 2017, cara mengurus e ktp hilang 2017, cara mengurus ktp yang hilang 2017, cara mengurus ktp yang, ktp hilang 2017 bayar, ktp hilang