Cara Daftar NPWP Online, Jenis Jenis Pajak yang Wajib Dibayar

Info Cara-cara Terbaru 2017 kali ini berisi mengenai Cara Daftar NPWP Online, Jenis Jenis Pajak yang Wajib Dibayar. Selamat membaca dan terima kasih sudah mengunjungi situs Cara Cek caracekterbaru.com.

Cara Daftar NPWP Online – Nomor Pokok Wajib Pajak atau yang biasa dikenal NPWP adalah nomor identitas bagi Wajib Pajak yang memiliki 15 digit yang dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Pajak, NPWP berfungsi sebagai tanda pengenal bagi wajib pajak pada sistem administrasi perpajakan. Cara untuk membuat NPWP online sebenarnya telah lama diterapkan oleh Direktorat Jendral (DirJen Pajak). Namun seperti apa yang telah kita ketahui bersama bahwa masih banyak masyarakat yang masih belum memiliki NPWP, dan sebagian masih belum mengerti dan memahami fungsinya apa mereka memiliki NPWP itu. Biasanya masyarakat baru akan mengurusnya apabila NPWP tersebut benar-benar dibutuhkan contohnya saat pengajuan Kredit Kepemilikan Rumah. Mengajukan pinjaman dana ke pihak Lembaga Keuangan/ Perbankan dengan jumlah plafond diatas nominal Rp. 100.000.000,- atau karyawan yang disyaratkan wajib untuk memiliki NPWP oleh kebijakan perusahaan.

Cara Daftar NPWP Online

Cara Daftar NPWP Online | yudhakaryadi.com

Cara Daftar NPWP Online

Apa Keuntungan mempunyai NPWP?

Keuntungan utamanya ialah apabila Anda sebagai karyawan dan mempunyai NPWP maka pembayaran Pajak Penghasilan atau PPh yang tercantum dalam Pasal 21 Anda tidak akan dikenai biaya tambahan denda sebesar 20% dari hitungan normal.

Selain NPWP yang juga vital dan menjadi salah satu syarat utama untuk mengajukan kredit, mengikuti tender atau lelang pada instansi pemerintah atau swasta, membuka rekening koran di Bank, izin untuk membuat Pasport, apabila Anda ingin memiliki penghasilan tambahan dari usaha bisnis online, maka diwajibkan memiliki NPWP.

Persyaratan dalam Membuat NPWP

Sebelum Anda mendaftarkan diri untuk membuat NPWP secara online, sebaiknya persiapkan dahulu syarat-syarat utama yang harus anda penuhi diantaranya:

1. Wajib Pajak bagi orang pribadi (Perorangan).

Bagi Wajib Pajak orang pribadi, Non Pengusaha persyaratannya adalah berupa, Fotocopy KTP atau Fotocopy Buku Paspor/Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS)/ Kartu Izin Tinggal Tetap/K ITAP bagi WNA). Untuk Wajib Pajak bagi orang pribadi Pengusaha adalah Fotocopy KTP untuk WNI, atau Fotocopy paspor/ KITAS/ KITAP untuk WNA, dilampiri dengan dan Fotocopy dokumen Surat Izin Usaha dan juga Surat Izin Domisili dari Lurah atau Kepala Desa setempat.

2. Wajib Pajak Badan atau Perusahaan.

  • Fotocopy akta pendirian usaha dan perubahan terakhir atau surat keterangan penunjukan yang dikeluarkan kantor pusat bagi bentuk usaha tetap.
  • Fotocopy NPWP salah satu pengurus atau penanggung jawab dari badan Usaha yang didaftarkan
  • Fotocopy KTP bagi WNI, Paspor/ KITAS/ KITAP (WNA Penanggung Jawab Usaha).

3. Wajib Pajak Badan Usaha Joint Operation (JO)

  • Fotocopy Surat Perjanjian Kerjasama/ Akte Pendirian sebagai bentuk bukti usaha kerja sama operasi (Joint Operation)
  • Fotocopy NPWP salah satu dari pengurus atau penanggung jawab badan Usaha JO
  • Fotocopy KTP bagi WNI, Paspor/ KITAS/ KITAP bagi WNA Penanggung Jawab Usaha JO.

4. Wajib Pajak Bendahara

Bagi Bendahara Perusahaan atau lembaga yang telah ditunjuk sebagai pemotong atau pemungut pajak adalah berupa:

  • Fotocopy surat penunjukan sebagai Bendahara
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Sistem pendaftaran NPWP secara online ini sangatlah mudah dalam membantu masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari KPP (Kantor Pelayanan Pajak). Masyarakat yang tinggal dengan alamat yang berbeda dengan tempat tinggal yang tercantum di KTP juga bisa merasakan manfaat dan kemudahannya.

Untuk melakukan pendaftaran NPWP Online cukup dengan mengunjungi website resmi DirJend Pajak e-registration online melalui situs: https://ereg.pajak.go.id. Semoga artikel tentang Cara Daftar NPWP Online tadi bisa membantu anda semua.

Source:

npwpgo id